You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sukamulya
Desa Sukamulya

Kec. Rancaekek, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

KITA-SUKA: Edukasi Sanitasi Sedari Dini

Administrator 26 Januari 2024 Dibaca 197 Kali
KITA-SUKA: Edukasi Sanitasi Sedari Dini

SUKAMULYA - Pada hari Kamis, 18 Januari 2024, bertempat di PAUD Kasih Bunda, Sukamulya, Rancaekek, telah dilaksanakan salah satu rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) oleh mahasiswa Universitas Padjadjaran. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tema perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan judul KITA-SUKA (Kesehatan Gigi dan Tangan Anak-PAUD Sukamulya).

Kegiatan dimulai dengan sesi edukasi dasar mengenai makanan bergizi, cacingan, cuci tangan, dan kebersihan gigi. Tim KKN Unpad menyampaikan informasi yang mudah dipahami oleh anak-anak PAUD, dilengkapi dengan gambar-gambar menarik untuk memperkaya pemahaman mereka.

Sesi selanjutnya melibatkan demonstrasi praktis tentang cara mencuci tangan dan menyikat gigi dengan benar melalui lagu yang telah disiapkan. Setiap anak PAUD diberikan kesempatan untuk mempraktekkan sendiri cara mencuci tangan dan menyikat gigi. Hal ini bertujuan agar anak-anak dapat langsung mengaplikasikan pengetahuan yang telah diterima.

Tim KKN Unpad melanjutkan kegiatan dengan menyajikan roleplay sebagai media penyampaian PHBS yang menarik melalui cerita singkat. Kegiatan diakhiri dengan post-test dengan metode focus group discussion (FGD) untuk mengukur pemahaman anak-anak PAUD dan pemberian grand prize bagi peserta yang telah aktif selama kegiatan. 

Sebagai pengingat bagi anak-anak PAUD dan pendidik tentang pentingnya PHBS, Tim KKN Unpad membuat poster yang mencakup materi gizi seimbang, cacingan, sikat gigi, dan cuci tangan. Poster tersebut nantinya akan dipajang di PAUD Kasih Bunda. 

Kegiatan KKN ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesadaran anak-anak PAUD mengenai kebersihan dan kesehatan gigi dan tangan.

(Zhafirah Putri, 26/01)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image