You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sukamulya
Desa Sukamulya

Kec. Rancaekek, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

Pelatihan Kader Posyandu Remaja Desa Sukamulya

Administrator 25 Januari 2024 Dibaca 100 Kali
Pelatihan Kader Posyandu Remaja Desa Sukamulya

SUKAMULYA - Pada hari Sabtu, 20 Januari 2024 Tim KKN Unpad melaksanakan kegiatan pelatihan kader posyandu remaja dengan judul “Stunt-free Champions” di Balai Desa Sukamulya. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka membangun kembali semangat dan melatih kader posyandu remaja. Acara ini diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari kader posyandu remaja dan kader posyandu umum.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Desa Sukamulya, Bapak Deni Sugandi. Beliau berharap adanya kegiatan pelatihan ini dapat meningkatkan semangat remaja di Desa Sukamulya untuk aktif dalam menyelenggarakan posyandu remaja. Selain itu juga terdapat sambutan dari Ketua Pelaksana Acara, Muhamad Akbar Aliandi.

Selanjutnya, terdapat pematerian yang terdiri dari tiga materi yang dibawa oleh tiga pemateri berbeda. Materi pertama datang dari salah satu anggota tim KKN Unpad, Muhammad Arif Ridwan mengenai remaja secara umum, yang dilanjutkan oleh salah satu kader posyandu Desa Sukamulya, Ibu Wartini mengenai stunting dan remaja, dan diakhiri oleh Ibu Siti Ardiati Kesuma Putri, A.Md Gizi selaku perwakilan Puskesmas Linggar mengenai posyandu remaja.

Setelah pematerian, acara kemudian dilanjut dengan pelatihan pengukuran dan konseling yang menjadi kegiatan utama pada posyandu remaja. Dalam pelatihan ini, kader posyandu remaja dibagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing didampingi oleh salah satu anggota tim KKN Unpad. Pelatihan pengukuran yang dilakukan meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, Lingkar Lengan Atas (LILA), lingkar perut, dan tekanan darah. Adapun, pelatihan konseling dilakukan dengan menggunakan pendekatan HEEADSSS.

Acara kemudian diakhiri dengan pemberian sertifikat bagi pemateri, pemberian hadiah bagi peserta terbaik, dan sesi foto bersama.

(Arif Ridwan, 24/01)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image